Sistem Informatika

 Program Studi Sistem Informasi

 

Program Studi Sistem Informasi bertujuan menghasilkan sarjana yang mampu : meningkatkan kinerja suatu organisasi dalam  hal produktivitas, kualitas, efektivitas, dan efisiensi; menerjemakan kebutuhan manajemen ke dalam aplikasi sistem informasi, dan mengelola Departemen Sistem Informasi suatu organisasi/perusahaan.

  1. Visi Prodi Sistem Informasi :
  • Menjadikan Program Studi yang berkompeten, unggul, terdepan dalam bidang Teknologi dan sistem informasiserta menghasilkan lulusan yang berprestasi, berjiwa entrepreneur, mampu berkompetisi di era global dan berkepribadian sesui dengan nilai-nilai keislaman berbasis ahluss sunnah waljamaah , mandiri, dan sosial.
  1. Misi Prodi Sistem Informasi :
  • Menyelenggarakan pendidikan akademik dan pengajaran profesional dengan memberikan pengetahuan teoritis maupun praktis yang efektif dan efisien dengan pemanfaatan teknologi informasi agar menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang Sistem Informasi dan mampu mengaplikasikannya sesuai dengan kebutuhan pengguna (users), serta mampu menciptakan lapangan kerja sendiri secara tangguh dan mandiri.
  • Meningkatkan kualitas keterampilan mahasiswa untuk jaminan standar kualitas lulusan yang memiliki dedikasi,  berkepribadian akhlakul karimah, mandiri., berintegrasi, berwawasan dan  mampu  beradaptasi dengan perubahan lingkungan baik nasional maupun global.
  • Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di bidang sistem Informasi sebagai tanggung jawab sosial dengan melibatkan partisipasi aktif sivitas akademika
  • Melaksanakan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam bidang pendidikan, peneliian dan pengabdian masyarakat di tingkat nasional dan internasional secara efektif, efisien dan berkesinambungan untuk pengembangan dan keberlangsungan pendidikan.
  • Menjadikan tempat Uji Kompetensi dalam bidang Sistem Informasi dan Teknologi Informasi.
  1. Tujuan Program Studi
  1. Menghasilkan lulusan yang dapat melakukan rancang bangun sistem informasi berbasiskan komputer.
  2. Menghasilkan lulusan  berkepribadian sesui dengan nilai-nilai keislaman berbasis ahluss sunnah waljamaah, mandiri, dan sosial.
  3. Membangun sistem manajemen internal dan kerjasama dengan pihak-pihak yang berkepentingan untuk pengembangan dan kemajuan Sistem Informasi.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan sistem informasi diberbagai bidang yang relevan.
  5. Menghasilan lulusan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri/berwiraswasta,
  6. Menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan lulusan lain baik secara regional, nasional, maupun internasional.
  1. Profil Lulusan Sistem Informasi
  1. Mampu memberikan solusi sistem informasi secara efektif dan komprehensif kepada organisasi untuk mencapai tujuannya.
  2. Mampu mengidentifikasikan peluang bisnis dengan memanfaatkan Teknologi Informasi serta mampu menyusun solusi perbaikan proses untuk optimalisasi bisnis organisasi.
  3. Memiliki jiwa kepemimpinan yang efektif berdasarkan cara pikir ilmiah, etika dan moral agama. Mampu berkumunikasi efektif baik lisan maupun tulisan